Total Tayangan Halaman

Jumat, 19 Agustus 2016

Rangkuman Materi Pemrograman Berorientasi Obyek

PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Konsep utama dalam pemrograman berorientasi objek. Segala sesuatu adalah OBJEK. Objek adalah reseprentasi sebuah item, unit atau entitas individu, dapat diidentifikasi.
*) Contoh : real atau abstrak
• Tangible : mobil, printer
• Peranan : pekerja, boss
• Kejadian : penerbangan
• Interaksi : kontrak, penjualan
• Spesifikasi : bentuk
OBJEK = Atribut + Operasi
Objek merupakan data dalam sistem. Dimanipulasi oleh operasi. Dalam implementasi, atribut berupa objek lain, atau rujukan ke objek lain. Sering disebut methods. Dapat memanipulasi atribut dalam sebuah kelas. Dapat memanggil operasi dalam kelas yang lain. Mengirim dan menerima informasi atau pesan sebagai parameter.
*) Contoh :
 Objek memiliki nama , misal : anjing
 Objek memiliki atribut yang mengidentifikasikan keadaan (states) , misal : warna, berat, jenis kelamin
 Objek memiliki operasi yang menyatakan apa yang dilakukan oleh objek , misal : menggonggong, berlari, berbaring

Class adalah sekumpulan objek. Objek yang sama.
Semua objek dalam suatu kelas memiliki atribut dan operasi yang sama, tetapi nilai atribut dapat berbeda. Suatu objek tertentu merupakan INSTANCE suatu kelas. Dunia terbuat atau tersusun atas objek. Ita tahu tentang objek (attributes). Kita dapat melakukan suatu pada objek (operations).
• Kadang melakukan suatu pada objek mengubah atributnya. Objek terbuat dari objek yang lebih kecil
• Kita dapat mengerti objek besar dengan mengerti bagian-bagian pembentuknya.
Objek bekerjasama dengan objek lain untuk mencapai suatu maksud / tujuan.
Abstraksi adalah cara kita melihat suatu sistem dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan subsistem (object) yang saling berinteraksi.
Modularity adalah sifat objek = modular. Objek dapat ditulis dan dimantain terpisah (independen) dari objek lain. Contoh : Mobil adalah sekumpulan sistem pengapian, sistem kemudi, sistem pengereman.
Enkap – sulasi adalah suatu teknik dimana data dibuat dalam suatu paket beserta dengan fungsi yang bersesuaian
Antarmuka ke objek didefinisikan sedemikain rupa sehingga memperlihatkan sekecil mungkin sebagaimana objek bekerja. Mekanisme menyembunyikan suatu proses dalam sistem untuk menghindari interfensi dan menyederhanakan pengguna sistem itu sendiri. Contoh : tombol on / of / pengaturan suhu atau AC.
Inhertance / pewarisan adalah mekanisme *) mewarisi / menurunkan karateristik ke objek lain.
*) Contoh :
Bicycle :
 Mountain bike
 Racing bike
 Tandem bike

Polimorfisme adalah POLI + MORPHOS
• Memiliki banyak bentuk (rupa)
Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk memberi respons terhadap permintaan yang sa ma.
• Sesuai dengan cara masing-masing objek
*) Contoh :
 Segitiga luas
 Lingkaran luas
 Bujursangkar luas

OBJEK – ORIENTED PROGRAMMING ( OOP )
Konsep pemrograman :
Tingkat Bahasa Pemrograman , Tools pemrograman
Konsep Dasar, Pemrograman Berorientasi Objek :
Kelas (class), Objek (object), Pengkapsulan (encapsulation), Pewarisan (inheritance) Keyword This , Construction
Konsep Lanjut Pemrograman Berorientasi Objek :
Polymorphisme (Overloading dan Overriding), Package, Interface

Bahasa Pemrograman
Komputer bekerja seperti switching dan hanya mengenali o dan i. Manusia tidak (paham) berbicara dengan bahasa o dan i. Perlu bahasa pemrograman yang dapat menjadi perantara percakapan antara komputer dan manusia. Bahasa pemrograman diubah kedalam bahasa yang dipahami oleh komputer dengan menggunakan Interpreter atau Kompiler.

Compiler adalah mengkompilasi source code menjadi bentuk file yang bisa dieksekusi.
Interpreter adalah mengkompilasi dan menjalankan source code secara langsung.
Tingkat Bahasa Pemrograman :
1. Tingkat Rendah (Assembler)
2. Tingkat Sedang (C.Pascal, Fortran)
3. Tingkat Tinggi (Java, C++)
Java Standart Edition ( Java SE )
For deskop, client / server aplication
Java Enterprise Edition ( Java EE )
For e-business, e-commerce web based aplication
Java Micro Edition ( Java ME )
For small device, like palm, handphone, etc

Atribut / Variable
Class Mobil {
String Warna ;
Int tahun Produksi ;
}
Test Class
Class Mobil Beraksi {
Public static void main ( String [ ] args ) {
Mobil Mobil Joko = new Mobil ( ) ;

MobilJoko.warna = “Hijau” ;
MobilJoko.tahunProduksi = 2004 ;

System.out.println ( “ warna = “MobilJoko.warna+”tahunProduksi = “MobilJoko.tahunProduksi ) ;
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar